Sabtu, 07 Desember 2019

Sebelum Custom T-Shirt Kenali Dulu Jenis Sablon yang Sering Digunakan


Dalam dunia printing, tak hanya kualitas sablon baju itu sendiri yang harus diperhatikan namun juga kualitasnya. Pasalnya hal ini akan sangat berpengaruh pada hasil custom t-shirt yang Anda buat. Ternyata ada banyak sekali teknik sablon kaos yang sering digunakan. Sebelum pesan, penting bagi Anda untuk mengetahui berbagai teknik printing baju yang sering digunakan.

Sebelum Custom T-Shirt Kenali Dulu Jenis Sablon yang Sering Digunakan

Sablon Rubber
Jenis sablon yang satu ini juga sering dikenal dengan istilah sablon karet. Mengapa? Sebab jenis ini memiliki sifat alami yang mampu menutupi serat kain yang timbul dengan hasil yang elastis dan warna yang lebih gelap. Jenis sablon yang satu ini lebih cocok digunakan untuk cetak kaos berwarna gelap. Jenis sablon ini juga memiliki tinta yang lebih awet dan bisa disetrika.

Sablon Pigmen
Pigmen merupakan salah satu jenis sablon yang paling banyak digemari dan banyak digunakan saat ini. Jenis sablon yang satu ini lebih cocok digunakan untuk kain berwarna terang. Hal ini disebabkan karena tinta pada sablon pigmen cenderung lebih mudah menyerap ke serat kain. Namun jenis sablon yang satu ini kurang cocok digunakan untuk kain yang berwarna terang.

Sablon Super White
Jenis sablon yang satu ini pada umumnya hampir sama dengan sablon rubber yang mampu menembus ke serat kain. Hanya saja jenis sablon yang satu ini hanya tersedia dalam 2 pilihan warna saja yakni warna putih dan colour. Tak hanya itu saja, jenis sablon ini juga memiliki warna yang lebih transparan dan bisa digunakan pada kain yang berwarna gelap.

Sablon Plastisol
Sablon yang satu ini biasanya terbuat dari tinta minyak atau PVC sehingga memiliki daya rekat yang lebih kuat dibandingkan dengan jenis sablon lain pada umumnya. Namun biasanya jenis sablon yang satu ini cenderung dipatok dengan harga yang lebih mahal namun sebanding dengan kualitas yang akan didapatkan.

Sablon Flocking
Pada dasarnya jenis sablon yang satu ini cenderung membutuhkan bahan tambahan seperti kain beludru sebagai bahan lapisan. Hal ini bertujuan untuk memberikan efek yang timbul ketika diletakkan pada perekat tertentu. jenis sablon yang satu ini tersedia dalam 2 jenis yakni lembaran dan bubuk. Prosesnya membutuhkan alat pres agar hasilnya dapat merekat dengan sempurna.

Sablon DTG
DTG merupakan salah satu jenis sablon yang paling populer dan cukup banyak digemari. Sebab proses pembuatannya menggunakan mesin digital sehingga hasilnya lebih jelas dan detail. Hasil cetakan pada kaos berwarna putih juga terbilang cukup bagus dan memuaskan. Hanya saja jenis sablon yang satu ini sering dipatok dengan harga yang lumayan tinggi.

Itulah beberapa jenis sablon kaos yang perlu Anda perhatikan sebelum cetak kaos. Dengan begitu maka Anda dapat mengetahui jenis sablon mana yang paling cocok dengan desain yang Anda miliki saat ini agar bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Anda juga bisa pesan t-shirt printing dengan hasil yang berkualitas hanya di custom.my.